Jumat, 04 Desember 2015

OPEN YOUR MIND BEFORE OPEN YOUR MOUTH






Assalamualaikum wr.wb
sudah lama rasanya saya tidak menulis tentang sesuatu.sebenarnya tulisan ini ingin saya update di blog cuman karena adanya masalah dengan blog saya, jadi terpaksa saya berbagi melalui akun sosial media saya. kali ini saya ingin mengeluarkan pendapat dan kritikan tentang bencana yang saat ini tengah terjadi di Indonesia. sedikit latar belakang tentang saya, saya hanyalah se0rang mahasiswi dari salah 1 perguruan tinggi di makassar. mungkin bencana yang tengah di rasakan oleh saudara kita di beberapa daerah disana, tidak pernah bisa saya bayangkan. di sini, di Makassar. Udara yang dihirup masih bersih walau teriknya cuaca dan sedikit tercemar oleh polusi asap kendaraan. di sini, kami masih dapat bersekolah tanpa harus khawatir asap akan mengganggu kesehatan kami. dan disini, masih banyak orang-orang yang peduli akan sesamanya atau bahkan mereka tidak update sama sekali.
dengan keadaan seperti itu, sebagian besar dari para pembaca tulisan ini , akan menjudge saya dengan kata “soktahu” tentang daerah mereka yang terkena musibah, tetapi sebagai seorang mahasiswi. seorang yang dikatakan berpendidikan , berintelektual dan teknorat. saya hanya ingin berbagi pendapat saya saja. dan sekali lagi saya tidak berdiri dipihak pemerintah atau pun rakyat
open your eyes, open your mind then open your heart. :)

1. BENCANA ALAM YANG TERJADI SAAT INI SALAH SIAPA? SIAPA YANG SEHARUSNYA BERTANGGUNG JAWAB?
pada umumnya ketika bencana telah terjadi, kita semua menyalahkan pemerintah dengan tuduhan antisipasi dan kerjanya lamban. tapi sadarkah kita? siapa orang bertanggung jawab akan datangnya bencana itu? tahukah kita kenapa Allah mendatangkan bencana kepada kita?. jawabannya adalah “KITA”-LAH yang bertanggung jawab akan bencana itu sendiri. kita sendiri lah yang merusak alam. membabat habis pohon. masa bodoh dengan lingkungan.
kalian ingin berkelak “Bukan saya koq oknum yang membakar pohon. bukan saya koq yang suka buang sampah sembarangan?”
kalau begitu . saya katakan sekali. OPEN YOUR EYES THEN OPEN YOUR MIND!
jika kalian benar-benar peduli tentang alam. kemana kalian saat pembakaran itu terjadi? kemana pemerintah daerah kalian? itu wilayah kalian. kalian berhak marah apabila ada beberapa oknum yang ingin merusakan tanah kalian.
- tidak perlu melakukan hal-hal dan perubahan besar. cukup dari diri sendiri maka perubahan diri kearah kebaikan itu akan menyebar ke orang lain. berbuat baik itu menular lho.. mulai dari kalian merawat tanaman di halaman rumah kalian, membersihkan sekitar depan rumah kalian. maka saadar atau tidak.. besok-besok atau hari berikutnya tetangga di sekitar rumah kalian juga akan turut melakukan hal yang sama. cukup dengan kalian selalu membuang sampah pada tempatnya.. atau kalian memasukkan sampah di tas kalian jika tidak ada tempat sampah dan baru membuangnya ketika sampai di rumah maka sadar atau tidak teman-teman dekat kalian akan malu untuk membuang sampah sembarangan.
- oknum-oknum yang membakar pohon itu memang (mungkin) bukan kalian. tapi pasti ada beberapa orang yang tahu dan menyetujui pembakaran itu. lalu? kenapa mereka membiarkannya? sekali lagi. katakan kepada mereka . “open your eyes then open your mind.” jadi manusia gak usah terlalu tamak. ga usah terlalu serakah. uang itu penting. tapi ribuan nyawa manusia lebih berharga.
lalu oknum-oknum tersebut akan mengelak “saya cuman di suruh. saya gak tahu jadinya bakal begini.”
jika saya bertemu dengan mereka , dengan senang hati saya akan menampar mereka dan berteriak “KEMANA PERGINYA HATI NURANI KALIAN?!”
- kalian sadar? betapa susahnya dan usahanya pohon tumbuh? berapa lama yang pohon butuhkan untuk tumbuh rindang dan kokoh? menjadi paru-paru dunia. menjadi tempat berteduh kalian dan hewan. mengambil racun Gas karbon dioksida dan kembali menghasilkan oksigen. menghasilkan buah yang dapat kalian makan.bahkan dalam pembuatan kertas. pernahkah kalian berterima kasih atas kebaikan dan tugas Pohon yang Allah berikan padanya untuk kalian wahai manusia? saya tidak menyuruh kalian untuk berkata terima kasih pada pohon secara langsung.
“pohon makasih ya..”
-_- saya hanya ingin kita semuua sadar. berterima kasihlah dengan pohon dengan cara merawatnya. menanam bibit baru apabila akarnya tak sanggup lagi menopang beban mulia itu. cabut 1 pohon tanama 10 pohon!!!! atau mungkin 100 kali yak..
uang memanglah segalanya di dunia ini. tapi tidak di akhirat kelak.
terlebih lagi jika hutan benar-benar tidak ada lagi, maka MANUSIA AKAN SADAR BAHWA UANG TIDAK BISA DI MAKAN!

2. PEMERINTAH KERJANYA LAMBAN. SETENGAH-SETENGAH. TIDAK PEDULI. PENCITRAAN DAN RIBUAN HUJATAN LAINNYA.
Hidup itu penuh pro dan kontra, yes or no, fans dan haters. siapapu presidennya pasti adaaaaa sajaaaaa hujatannya. bahkan jika Naruto mundur dari jabatannya sebagai hokage dan menjadi presiden di indonesia pun akan di hujat juga. dengan alasan “kenapa gak ngeluarin jurus seribu bayangan aja buat nyelesein masalah di negara ini??”
hujatan itu wajar. cuman kadang rasanya kurang ajar. :v
if you ask me why..
PEMERINTAH PUSAT tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak kerja sama dengan PEMERINTAH DAERAHNYA. kemana mereka? wakeup. kalian sibuk menyalahkan pemerintah pusat yang lamban bukannya pemerintah daerah kalian jauh lebih lamban? logikanya sih gini...
satu tatanan pemerintahan negara itu sama seperti team. percuma dong kalau leadernya kerja.. tapi anggotanya masa bodoh? ya gak bakal bener kerjanya sampai indonesia gundul duluan karena hutannya habis.
sudah berbagai usaha yang dilakukan.toh.. gak ada perubahan. iya. karena itu kehendak Allah. mungkin hanya hujanlah yang mampu memadamkannya. Sungguh hanya Allah lah yang maha mengetahui.
lalu? daripada kalian sibuk saling menghujat dan berdebat di sosmed. kumpulkan pemuda-pemudi di daerah kalian. adakan shalat istisqa bagi yang islam. dan yang lain berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
bangunlah pemuda pemudi indonesia. shalat lah di 1/3 malam terakhir. niscaya Allah akan mengabulkannya. berdoa lah agar hujan lekas turun. berdoa lah agar apinya mampu dipadamkan. berdoalah agar korban asap diberi kekuatan untuk bertahan.
kita semua wajib intropeksi diri. Tuhan menurunkan bencana ini karena sebagai peringatan kepada kita semua atau sebagai pengingat. di hari yang lalu. manusia hanya merusak bumi. merusak alam. oleh karena itu Allah yang murka nikmatnya di rusak, Alam yang murka karena perbuatan manusia. memperingatkan kita.

3. YANG NULIS MAH NGOMONG DOANG. MASIH BOCAH LABIL JUGA SOK BIJAK. EMANG NGERASAIN YANG KITA RASAKAN? DIA SIH NULIS GA SAMBIL MEGAP-MEGAP KURANG OKSIGEN JADI GAK TAHU.
hahahaha. sudah berapa kali yah saya membaca itu di komentar beberapa situs. iya. saya memang nulis sambil nafas biasa, saya tidak tahu rasanya bagaimana. tapi saya peduli! daripada saya berdiam diri saya lebih suka mengeluarkan pendapat saya.
apa yang sudah saya lakukan untuk daerah yang terkena bencana tersebut? korban-korban asap tersebut?
“Saya berdoa”
doa mah gak cuukup, emang yakin langsung dikabulin.
“saya menulis postingan ini agar kita semua TAHU DIRI. NYADAR DIRI. OPEN OUR EYES AND OPEN OUR MIND”
bahwa mungkin inilah salah kita. mendustakan nikmat ALam dari ALLAH. inilah ganjaran kita bahwa toh masih banyak manusia yang tamak dan serakah.
bahwa manusia itu jahat.

DARIPADA SIBUK MENYALAHKAN. LAKUKAN APA YANG BISA KAMU LAKUKAN DAN SAYA LAKUKAN. INTROPEKSI DIRI! BERDOA! LAKUKAN PERUBAHAN UNTUK HARI KEDEPANNYA.

mungkin karena cukup panjang, saya kira cukup sekian.
Wassalamualaikum.wr.wb
sampai berjumpa di ocehan berikutnyaaa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar